Uncategorized

Mahasiswa Mudah Marah? Mungkin Kurang Tidur.

Seseorang yang ramah dan menyenangkan bisa mendadak menjadi orang yang paling menyebalkan dan mudah marah. Marah ialah bergejolaknya darah dalam hati untuk menolak gangguan yang dikhawatirkan terjadi atau karena ingin balas dendam kepada orang yang menimpakan gangguan yang terjadi padanya.

Penelitian yang pernah dilakukan untuk hal ini telah dijelaskan dalam Journal of Applied Sosial Psychology, bahwa kurang tidur dapat membuat seseorang menjadi tidak terkontrol sehingga kemampuan untuk berfikir jernih dapat berkurang. Seseorang yang jam tidurnya kurang dapat menjadi seseorang yang lebih rentan depresi. Sehingga kurang tidur dapat membuat kita menjadi stress.

Mahasiswa zaman now, ketika kurang tidur dapat mengakibatkan proses berfikir, mengingat dan belajar menjadi terganggu. Sehingga akan menyebabkan suasana hati menjadi kacau dan mulailah muncul sifat mudah tersinggung dalam dirinya. Dengan demikian sering sekali kita saksikan banyaknya mahasiswa-mahasiswa yang suka tawuran. Tidak hanya itu mahasiswa zaman now lebih banyak mengkondisikan perasaannya pada tingkat kegalauan tertinggi.  Tak heran jika mahasiswa zaman now sulit untuk menilai mana yang benar dan salah serta kecepatan mahasiswa zaman now membuat keputusan pun berkurang.

Saat tidur tubuh sebenarnya sedang menabung energi serta berlangsungnya proses perbaikan pada sel-sel tubuh. Jika proses itu diganggu tentu saja kita tidak dapat melakukan hal yang kita inginkan, baik secara fisik maupun nonfisik.

Seorang Direktur Medis Sleep Medicine Center Martha Jefferson Hospital menyatakan bahwa penelitian menunjukkan adanya bagian otak pengatur emosi mengalami peningkatan pada saat waktu tidur seseorang berkurang. Sehingga ketika kita kurang tidur dapat mendorong munculnya emosi negatif, dan tidak dapat mengendalikan perasaan buruk.

Ada beberapa alternatif yang dapat dilakukan Mahasiswa zaman now lakukan agar tidak kurang tidur. Pertama, libatkan Allah untuk segala kegiatan kita. Kedua, jika tugas terlalu banyak ajaklah teman-teman kita untuk membentuk sebuah kelompok belajar. Ketiga, memaksimalkan waktu. Jika ada waktu luang dalam suasana apapun. Isilah dengan mengerjakan tugas-tugas kita. Hindari hunting, chatting, atau watching yang tidak penting.

Mahasiswa yang cerdas  pasti memperhatikan jangka waktu  tidurnya. Agar tidak menjadi mahasiswa zaman now yang mudah marah-marah. Rasulullah SAW telah bersabda “Bukanlah orang yang kuat yang menang dalam pergulatan akan tetapi orang yang kuat ialah yang mampu menahan hawa nafsunya saat marah” (HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah). Nah, untuk kamu yang sekarang ini kurang tidur dan moodnya ingin marah, jangan lupa senantiasa mengucapkan kalimat-kalimat yang baik, berdzikir, dan istighfar. Hendaklah diam dan jangan terlalu mengumbar amarah. Jangan lupa juga ya segeralah berwudhu’ . Jika kamu sedang marah dalam keadaan berdiri hendaklah duduk, dan apabila marah dalam keadaan duduk hendaklah berbaring.

Radiva Dwika Nurfadilla.

Iklan
Standar

2 respons untuk ‘Mahasiswa Mudah Marah? Mungkin Kurang Tidur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s